Koleksi Artikel Pilihan

Koleksi artikel pilihan

Kamis, 13 Maret 2014

Pantai Batu Hiu, Pesona Tanah Lot di Jawa


"Batu Hiu merupakan sebuah pantai eksotis dengan tebing cukup terjal yang memiliki pemandangan lepas ke arah Samudra Hindia."

Pantai Batu Hiu berjarak sekitar 14 km dari Pangandaran. Pantai ini bisa anda pilih sebagai salah satu obyek wisata pilihan ketika berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat. Pesona keindahan alam di Pantai Batu Hiu menjadikan tempan inisebagai salah satu wisata di Jawa Barat yang disamakan dengan wisata di Pulai Dewata, karena mirip Tanah Lot di Bali. Pengunjung yang datang sering menyebutnya Tanah Lot-nya Jawa.

Pantai Batu Hiu berada di desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Lokasi plesiran ini memang belum dikenal luas seperti halnya Pantai Pangandaran yang tersohor se-Nusantara. Namun Pantai Batu Hiu tidak kalah indah dan mempesona dibandingkan pantai lain di Jawa Barat.

Pemandangan indah ini mengundang pesona kala memasuki kawasan Pantai Batu Hiu. Ombak pantai sudah kedengaran dari kejauhan. Pantai yang mempunyai pasir hitam ini banyak diminati pengunjung bukan hanya karena lokasinya yang indah, namun juga menawarkan lokasi obyek pemotretan dengan view yang indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, pengunjung dapat menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Saat Kedaulatan Rakyat (KR) di ajak jalan-jalan Kaerindo Wisata Tour and Travel bersama atlit karate yang tergabung dalam Federasi Olahraga Karate Yogya atau Forkot Yogya, KR menyaksikan bahwa akses untuk menuju Pantai Batu Hiu tidaklah sulit. Apalagi sarana transportasinya sudah bagus.

Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat di laut ini menyerupai sirip ikan hiu. Untuk menikmati indahnya pantai, pengunjung bisa naik ke atas bukit kecil di pantai ini. Dari atas bukit itulah pengunjung bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu. Uniknya, untuk naik ke atas bukit, pengunjung mesti melewati gerbang 'gerbang' mirip terowongan kecil yang berbentuk ikan hiu. Jadi seolah-olah pengunjung masuk ke dalam mulut ikan hiu.

Pengunjung juga bisa bermain air laut di seberang bukit. Namun harus berhati0hati dengan ubur-ubur yang banyak berserakan di pasir pantai. Hembusan angin pantai menemani pengunjung saat melepaskan pandangan ke arah samudra atau hamparan pantai sebelah timur yang terbentang hingga Pangandaran.

Pengunjung juga bisa menikmati panorama pantai dengan berjalan-jalan di atas bukit yang teduh atau duduk santai bersama keluarga.
"Pantai Batu Hiu ini cocok bagi pengunjung yang ingin menenangkan diri dari banyaknya aktivitas kehidupan kota, sejenak meredamkan stres atau sebagai tempat berlibur dengan keluarga," Ucap Aji Prasetyo dari Kaerindo Wisata Tour and Travel, Yogyakarta.

Tulisan dan Photo : Agus Suwarto

Kedaulatan Rakyat 23 Februari 2014

Note : 

  • Beberapa kalimat kami edit namun tanpa mengurangi isi dari tulisan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No spam, please...