Koleksi Artikel Pilihan

Koleksi artikel pilihan

Rabu, 21 April 2010

Intisari dari SEO


Apaan sih yang namanya "Search Engine Optimization" itu? Pokoknya berhubungan dengan di satu sisi berhubungan dengan mesin pencari, di sisi lain -- ini yang menarik -- uang.

Internet itu adalah perpustakaan terbesar. John Allen Paulos, seorang profesor matematika dari Temple University Philadelphia, berkata begitu. Hanya saja, buku-buku dalam perpustakaan itu berceceran di lantai, begitu tambahnya. Tanpa bantuan, orang bakal sulit menemukan buku yang dia mau.

Alat bantu buat mencari buku yang pas adalah mesin pencari yang dalam bahasa orang kulon. "search engine". Cukup dengan mengetikkan dua atau tiga kata kunci, orang bisa mendapatkan buku (baca: situs web) yang diinginkan -- mudah-mudahan.

Banyak pemilik situs web berlomba-lomba agar situs web-nya ada di halaman pertama hasil pencarian. Misalnya begini. Coba deh cari "tabloid komputer" di Google. Redaksi PCplus tentu kepingin agar situs web www.tabloidpcplus.com ada di halaman pertama, kalau bisa malah di urutan pertama.



Untunglah, untuk kata kunci "tabloid komputer", situs web PCplus ada di urutan wahid. Kenapa sih harus di halaman pertama atau malah di urutan pertama? Menurut penjelasan di wikipedia, situs web yang berada di halaman pertama akan lebih banyak pengunjung. Di halaman pertama saja punya banyak pengunjung, apalagi jika berada di urutan pertama.

Siapa sih yang nggak bangga situs webnya ramai dikunjungi orang? Orang aneh saja yang begitu. Kita kudu gembira kalau situs web ramai. Soalnya, siapa tahu ada perusahaan yang tertarik pasang iklan di situ? Nah, kalau ada yang pasang iklan, otomatis kita bisa tarifi. Buntutnya kita dapat uang. Eh, tapi buntutnya ini belum tentu uang juga. Ekstintensi juga yang kadang dicari. Tak perlu uang, yang penting terkenal.

Oh Itu Toh Arti SEO

Ada cara agar situs web kita berada di halaman pertama --atau paling tidak di halaman kedua atau ketiga. Cara yang praktis adalah search engine marketing (disingkat SEM). Cara lainnya, cara yang menjadi fokus kali ini, adalah search engine optimization alias SEO.
SEM adan SEO bertujuan sama, tapi dengan "investasi berbeda. SEM tidak gratis. Pemilik situs web bayar kepada mesin pencari agar situs web-nya muncul di halaman pertama mesin pencari. Bentuknya bisa hasil pencarian, iklan, atau link sponsor.
SEO adalah cara gratis. Hanya saja, orang harus tahu trik-triknya. Pemilik situs web harus tahu cara kerja mesin pencari agar ia bisa menerapkan trik yang tepat. Asal tahu saja, mesin pencari nomor satu saat ini adalah Google. Di Asia, sampai Februari 2010 i, Google digunakan oleh 92,12 persen pengunjung internet. Ini data dari StatCounter. Jadi, kita harus tahu cara kerja Google. Yang penting kita ketahui adalah cara kerja sistem Google dalam mendaftarkan situs web dalam database mereka.

Cara Kerja Google

Secara singkat, begini nih cara Google bisa mendaftarkan situs web. Sistem Google punya suatu robot maya yang dikenal dengan sebutan "spider" atau "crawler". "Laba-laba" itu berjalan-jalan di internet mengunjungi seluruh halaman situs web. Kemudian, ia mendaftarkan situs web berdasarkan frekuensi kata kunci dan lokasi kata kunci. Misalnya www.tabloidpcplus.com menempatkan "komputer" dan "tabloid" di judul halaman situs web. Kata itu pun muncul berkali-klai dalam artikel si situs web. Sistem Google pun memberikan nilai tinggi bagi www.tabloidpcplus.com untuk kata kunci "komputer" dan "tabloid".

Andai saja ada situs web cuma sekali menyebutkan "komputer" atau "tabloid", situs web tersebut akan dinilai rendah untuk kedua kata kunci tersebut. Hasilnya, kalau pengguna memasukkan kata kunci tersebut, situs web itu tidak akan muncul di halaman awal.
Selain faktor posisi dan frekuensi kata kunci, Google juga mempertimbangkan umur situs web. Google mengutamakan situs web yang sudah berumur. Makanya, jangan buru-buru berharap situs web kita langsung ada di halaman pertama yah... sabar.

Google juga memperhitungkan jumlah link yang menunjuk situs web itu. Semakin banyak, tentu Google akan memberi situs web itu dengan nilai yang tinggi.

Dengan mengetahui cara kerja Google, paling tidak kita punya gambaran apa yang harus kita lakukan. Kalau masih penasaran apa saja yang harus dilakukan agar situs web kita cepat dikenal di perpustakaan terbesar itu, baca artikel berikutnya. Ayo deh.

Oleh : Alex Pangestu
Email : alex@tabloidpcplus.com

PC Plus 353|IX|16 Pebruari - 01 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No spam, please...