Koleksi Artikel Pilihan

Koleksi artikel pilihan

Minggu, 04 Juli 2010

Trik membuat blog jadi Nomor 1

Bikin blog ada di halaman pertama mesin pencari sebetulnya mudah. Hanya saja butuh usaha dan beberapa trik. Berikut ini triknya :

1. Masukkan kata kuci dalam alamat
Langsung saja pakai contoh biar jelas. Misalnya nih, kamu bikin blog yang isinya tentang trik-trik berkomputer. Kata kuncinya adalah "trik komputer", bukan? Nah, jadikan itu alamat blog.

Misalnya alamatnya menjadi begini "www.trikberkomputer.com".
Kamu bisa juga bikin sub domain dengan kata kunci. Misalnya kamu punya halaman khusus untuk kumpulan trik Windows XP. Kamu bisa bikin sub domain "www.trikberkomputer.com/windowsxp".
Ingat, pemilihan kata kunci ini sangat tergantung pada isi blog yang kamu buat. Pembuatan kata kunci ini sangat membantu mendongkrak urutan situs web di mesin pencari.


2. Beri Judul Link dengan Kata Kunci
Kalau kamu menghubungkan sebuah halaman blog kamu ke halaman lain, kamu harus sertakan kata kunci dalam judul link, jangan hanya alamat link yang panjang. Contohnya begini, PCplus mempunyai halaman blog beralamat http://www.tabloidpcplus.com/2010/02/12/jelang-valentine-waspadai-situs-web-kencan/. Ketika alamt itu ada di dalaman lain, jangan tulis alamat yang panjang itu, tapi gunakan sedikit script HTML &lta href="http://www.tabloidpcplus.com/2010/02/12/jelang-valentine-waspadai-situs-web-kencan/">Valentine". Nah judul link di skrip ini adalah "Valentine".
Judul link atau sering juga disebut anchor teks itu lebih berharga dari pada teks biasa.

3. Kata Kunci Jadi Judul Tulisan
Sedapat mungkin, bikinlah agar kata kunci yang sudah kamu tentukan jadi judul tulisan. Ka;au kata kuncinya "trik komputer" usahakan "trik" atau "komputer" ada di bagian judul tiap tulisan.

Contohnya begini, kamu bikin tulisan mengenai overclock, judul yang bisa kamu pakai adalah "Trik overclock Komputer"
Tapi ingat, jangan sampai dipaksakan. Kalau memang tidak bisa, yah jangan dipakai, tp jangan terlalu sering. Porsi judul tulisan yang tidak pakai kata kunci kudu lebih sedikit daripada porsitulisan yang menggunakan kata kunci.

4. Kata Kunci Kedua dalam Tulisan
Sebutkan kata kunci kedua dalam tulisan di blog. Misalnya pas kamu bikin tulisan tentang trik di windows 7, sebut kata-kata "windows 7" beberapa kali pada tulisan.
Teorinya, semakin sering suatu kata kunci disebut dalam halaman situs web, sistem mesin pencari akan menganggap halaman itu sangat berhubungan dengan kata kunci tersebut. Akhirnya ketika orang mencari dengan kata kunci tersebut, blog kamu akan tampil.
Yang perlu diingat adalah, jangan "lebay". Google akan menghapus halaman situs web yang menyebutkan kata kunci secara berlebihan. Kalau sudah dihapus, bagaimana bisa tampil di halaman hasil pencarian?

Ini merupakan 4 bagian trik SEO dari 9 trik versi PCPlus, 5 bagian yang lainnya nyusul bro... ngantuk neh... :)

Sumber : PCPlus 353|IX|16 Pebruari - 01 Maret 2010
Oleh       : Alex Pangestu - alex@tabloidpcplus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No spam, please...