Review Toyota New Agya 1.2 TRD S, Tabloid Otomotif versi Cetak

Test Drive

TOYOTA NEW AGYA 1.2 TRD S A/T

Ini dia Agya yang paling bengal yang pernah dites oleh OTOMOTIF. Kenapa begitu?
Lihat saja tampilannya yang jauh beda dan agresif dibandingkan dengan versi sebelumnya. Ditambah sekarang ia dibekali mesin 3 NR-FE, 4 silinder segaris Dual WT-i berkapasitas 1.197 cc.
Dengan perubahan mesin dari 1000 cc tiga silinder ke 1.200 cc 4 silinder, membuat agya terbaru ini tak hanya bebas getaran, tapi juga meningkatkan performa yang cukup lumayan. Bagaimana hasil tes-nya? Silakan simak terus artikel ini... 
(Tim OTOMOTIF)

FITUR
Seperti yang sudah dikatakan, tampilan luar Agya TRD S lebih terlihat Bengal dibandingkan rekannya sesama LCGC lainnya, ini berkat tambahan TRD Aero Kit yang terdiri dari front bumper spoiler, side skirt, rear bumper spoiler, sporty side body moulding, rear roof spoiler dengan stop lamp, stiker dan emblem TRD.

Warna hitam dan darker silver paint dilabur ke dalam kabin, menghadirkan kesan elegan dan lapang dengan trim pintu dari bahan fabric. Kini kedua jok depannya menganut model semi bucket. Kedua jok depan lebih tebal sehingga semakin nyaman diduduki. Sementara di jok belakang bagian tengah dilengkapi head rest.

Sistem audio-nya sendiri menampilkan 2 DIN yang sudah dilengkapi fitur bluetooth sehingga dapat disambungkan dengan smartphone anda.Di bagian kemudi terdapat steering switch. Meter cluster juga komplit, plus MID untuk memantau jumlah dan efisiensi bahan bakar. Tambahan indikator ECO juga memberikan tantangan pengemudi untuk selalu membuatnya menyala.

PERFORMA & KONSUMSI

Mengusung mesin 3 NR-FE, 4 silinder segaris, 16 valve, DOHC, 1,200 cc yang sama dengan Toyota Calya, selain membuat Agya terbaru ini minim getaran, Apalagi dipasangkan dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan, juga meningkatkan performa akselerasi serta efisiensi bahan bakar.
Jika saat masih menggunakan dapur picu 1KR 3 silinder, Agya mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 19,7 detik, maka mesin 4 silinder baru ini membeuatnya lebih cepat 6 detik menjadi 13,7 detik untuk mencapai kecepatan yang sama.

Bukan hanya akselerasi yang mengalami peningkatan, efisiensi bahan bakar juga ikut meningkat dari hasil penggantian mesin. Agya TRD S 1.0 liter mampu menghasilkan efisiensi sebesar 12 km/l untuk penggunaan dalam kota. Sementara Agya TRD S 1.2 liter baru ini, mampu menghadirkan efisiensi sebesar 16 km/l di situasi yang sama.
Sedangkan untuk konsumsi rata-rata pemakaian luar kota dan konstan 100 km/jam, masing-masing mencatat 19 km/l dan 24 km/l. Sebuah prestasi yang layak diapresiasi.


KENYAMANAN & HANDLING

Karena menggunakan mesin 4 silinder, maka getara di ruang mesin dan kabin menjadi hampir tidak terasa. Bukan hanya itu, kabin Agya TRD S terbaru ini juga lebih senyap dibandingkan dengan model sebelumnya.
Penggunaan sistem throttle by wire yang diterapkan Toyota pada Agya baru ini menyebabkan sedikit lag di tarikan awal. Sangat terasa saat akan mendahului kendaraan lain saat transisi ada di posisi D. Trik unutk meminimalkannya, yakni dengan memindahkannya dulu ke posisi 3 dan tekan gas.
Untuk bantingan suspensi, Agya TRD S 1.2 bisa dibilang moderat, tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras juga. DIbandingkan dengan generasi sebelumnya memang lebih lebut. Toyota sepertinya sudah mendapatkan setting geometri yang tepat untuk model baru ini.
Saat ngolong di bagian belakang, Agya ternyata juga sudah dibekali stabilizer. Tak heran sekarang lebih percaya diri saat melibas tikungan dengan kecepatan sedikit tinggi, tidak ada lagi gejala body roll.




SPESIFIKASI :

HASIL TEST

Sumber : 
Tabloid OTOMOTIF
Edisi :  15 XXVII 24-30 Agustus 2017

Posting Komentar

0 Komentar