Koleksi Artikel Pilihan

Koleksi artikel pilihan

Jumat, 06 Juni 2014

Tips Cara Merawat Perabotan dari Rotan agar Awet



Keberadaan furniture yang terbuat dari rotan sering kali menjadi daya tarik tersendiri. Cara pembuatannya pun tidak mudah karena membutuhkan keahlian, kreatifitas dan kesabaran yang tinggi karena banyak menggunakan tangan (handmade). Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam perawatan agar usia pakai furniture dari rotan tersebut bisa tahan lama? Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan.

  1. Bersihkan debu pada permukaan rotan secara berkala. Gunakan mesing penghisap debu (vacum cleaner) untuk bagian-bagian yang sulit terjangkau. Lebih baik gunakan ujung penghisap yang bersikar halus. Untuk membersihkan kotoran yang sulit atau bulu binatang yang menempel, pakai kain berbahan kaos yang kering. Pinset bisa juga digunakan sebagai alternatif peralatan pembersih. 
  2. Jika rotan terkena tumpahan air, segera lap dengan kain bersih. Basahi lap dengan deterjen ringan atau minyak pembersih kayu. Rotan juga bisa dibersihkan menyeluruh dengan menggunakan air dan deterjen ringan. Segera bilas dan keringkan dengan kain sebelum dipergunakan lagi. Jangan lakukan cara ini terlalu sering, air bisa membuat vernis rotan memudar. 
  3. Jaga keseimbangan kelembaban rotan. Sebaiknya perabotan rotan ditempatkan di dalam ruangan. Tingkat kelembaban rotan yang terlalu rendah, akan menyebabkan rotan mengering dan teksturnya menjadi kasar. Sementara itu, tingkat kelembaban yang tinggi akan menyebabkan furniture rotan rentan jamur. 
  4. Kreasi agar awet. Untuk furniture sofa rotan, dapat dikreasikan dengan menambahkan jok berbusa. Pemilihan warna jog bisa dilakukan sesuai dengan selera. Biasanya warna disesuaikan dengan warna ruangan. Selain mempermanis penampilan furniture rotan, cara ini mampu memperpanjang usia sofa rotan. 
  5. Jangan terlalu sering menggeser furniture rotan. Saat hendak memindahkan furniture rotan, lakukan dengan cara diangkat dan jangan diseret. Menggeser dengan menyeret bisa membuat kaki rotan bergerigi dan pecah-pecah. 

    1. Rotan sebagai elemen ekterior. Trend furniture rotan sebagai elemen eksterior yang diletakkan di bagian luar rumah, sedang berkembang pesat. Itu sebenarnya adalah serat rotan sintetis yang bahannya terbuat dari resin, plastik dan fiberglass. Keuntungan menggunakan rotan sintetis, lebih tahan terhadap udara luar, mudah dibersihkan dan relatif lebih murah. Semoga bermanfaat. 
       
       
Oleh : Endah Asih 
Pikiran Rakyat, 16 Maret 2014

6 komentar:

  1. Alhamdulillah nemukan arrtikel yang sangat bermanfaat bagi saya, krn sedang cari tip tentang rotan sintetis. terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Addy... salam sukses.

      Hapus
  2. cara menghilangkantjamur di rotan gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa jenis obat yang bisa dipakai pak... silakan searching ya...

      Hapus
  3. Tipsnya sangat keren dan informatif.

    BalasHapus

No spam, please...