Tips Menata Dapur menurut Fengsui

Tips Mengatur Ruang Dapur Bag II

Menata Dapur Menurut Fengsui


Menurut ilmu fengshui, dapur merupakan sumber kehidupan. Dapur menjadi tempat utama untuk mengolah makanan dan minuman. Keberadaan dapur ditinjau dari sudut ilmu fengshui dapat memberi keberuntungan bagi sebuah keluarga bila penempatannya dilakukan dengan benar. Tetapi sebaliknya, dapat memberikan pengaruh buruk bagi penghuni rumah apabila salah dalam pengaturannya. Terlepas dari itu semua, di balik kepercayaan dan pemahaman tertentu seperti ilmu fengshui, biasanya selalu terdapat alasan logis yang diperoleh secara empiris. Itulah sebabnya, tidak ada salahnya kita menilik aturan-aturan mengenai tata letak dapur ini.
● Oleh Septana Bagus Pribadi

Ada beberapa tips praktis seputar fengshui dapur. Aturan-aturan utama adalah :


  1. Jangan meletakkan dapur di pusat rumah, karena dapur mempunyai energi panas yang dapat menyebar ke seluruh area. Secara logika, dapur yang terletak di pusat rumah tentu tidak memiliki ventilasi yang memadai, sehingga menjadi pengap dan lembab, serta menyebarkan panas dan asap ke bagian rumah yang lain.
  2. Jangan meletakkan dapur di area utara rumah. Area utara pada kompas fengshui adalah tempat untuk unsur air.
  3. Dapur jangan terletak di bawah toilet yang berada di lantai di atasnya.
  4. Pintu dapur jangan berhadapan dengan pintu toilet.
  5. Jangan menempatkan dapur di bawah kamar tidur di lantai atas.
  6. Begitu pula dengan ruang keluarga, sangat disarankan untuk tidak berada di atas dapur.
  7. Dapur atau pantry juga jangan diletakkan di bawah atau di samping tangga. Secara logika, tangga merupakan area yang banyak menghasilkan debu karena hentakan kaki yang menaiki tangga. Tentu kita tidak ingin debu tersebut masuk ke dalam masakan bukan ?

Kompor (stove) merupakan dapur utama dan paling perlu diperhatikan.

  1. Posisi kompor jangan menghadap ke pintu ruangan atau menghadap ke tangga. Hal ini untuk menghindari ’’hangusnya’’ energi positif Chi. Hilangnya energi ini dapat menyebabkan pencari nafkah kehilangan atau terhambat pekerjaannya.
  2. Kompor tidak boleh ditempatkan berhadapan atau bersebelahan dengan lemari es, bak cuci piring, wastafel, atau mesin cuci. Posisi ini menyebabkan adanya pertentangan antar elemen. Lemari es, bak cuci piring, wastafel, atau mesin cuci yang berunsur air dapat ’’mengguyur’’ api makanan dan kemakmuran. Kondisi perekonomian keluarga akan mengalami kondisi stagnan seperti makanan yang beku di dalam lemari es .
  3. Kompor jangan ditempatkan di bawah toilet, di bawah kamar mandi atau tangki air yang ada di lantai atas. Hal ini dikhawatirkan karena energi negatif dapat turun ke dapur yang dapat menyapu energi chi dan menyapu pula keberuntungan.
  4. Kompor jangan ditempatkan di bawah kamar tidur yang ada di lantai atas. Menurut ilmu feng shui posisi kompor di bawah kamar tidur dapat menyebabkan pengguna kamar sering sakit . Kamar tersebut juga tidak cocok untuk orang yang mudah marah atau mudah tersinggung.
  5. Kompor sebaiknya tidak ditempatkan di bawah jendela dapur . Posisi ini dikatakan sangat rentan, karena adanya angin dari luar yang akan dengan mudah memadamkan api kompor, yang berarti tidak ada jaminan akan penghidupan yang baik.
  6. Usahakan saat Anda sedang memasak di dapur, posisi Anda tidak membelakangi pintu. Dalam ilmu fengshui, hal ini kurang baik bagi usaha Anda.


Belum cukup pengertian kita mengenai fengshui dapur? Nah, ternyata masih ada lagi tips-tips menata dapur yaitu :

  • Hindarkan pipa air yang melintang di atas kompor. Baik pipa air bersih ataupun pipa air kotor.
  • Tempat menyimpan beras harus selalu tertutup, dan usahakan jangan sampai habis sama sekali, hal ini untuk mempertahankan energi yang sudah stabil.
  • Jangan memajang lukisan air di dapur.
  • Jangan memasang foto seluruh keluarga atau anggota keluarga di dapur.
  • Jangan memasang foto atau lukisan binatang ganas di dapur.
  • Jangan memasang cermin di dapur. - Pastikan kompor selalu dalam kondisi bersih dan dapat berfungsi dengan baik. Hal ini merupakan indikator keuangan Anda.
  • Ternyata pemakaian keramik sebagai penutup meja dapur dinilai memiliki pengaruh yang lebih baik. Pemakaian keramik akan mendukung energi tanah yang berguna untuk meningkatkan energi bumi dan memberikan energi kekayaan.
Sedangkan dalam teori umum arsitektur, dapur yang baik haruslah :

  1. Memiliki ventilasi alami secara langsung. Bila karena keterbatasan lahan dapur tidak bisa mempunyai ventilasi alami, haruslah menggunakan ventilasi buatan atau mekanis dengan cooker hood, cerobong asap, atau exhaust fan.
  2. Dapur teletak dekat dengan ruang makan dan memiliki lalu lintas secara langsung, tidak perlu melewati ruang keluarga, ruang tidur, dan ruang lainnya.
  3. Sebaiknya dapur memiliki akses tersendiri yang terpisah dari akses utama dari ruang tamu.

Meja Beton
Kompor sebaiknya ditempatkan di atas meja dapur yang terbuat dari bahan beton cor, seperti yang sudah dibahas minggu lalu. Meja umumnya menggunakan material beton. Gunakan pembesian diameter 8 - 10mm untuk membuat cor meja beton dengan ketebalan 8-10 cm. Lebar meja sendiri biasanya sekitar 60 cm. Karena tebal cor-coran cukup tipis, pastikan gunakan semen dengan kualitas yang baik, serta campuran pasir dan air yang tepat dalam pengecoran, untuk menghasilkan meja yang kuat menopang beban-beban alat-alat yang nanti akan berada di atasnya.

Bagian atas meja harus dilapisi dengan material yang kuat, tahan gores, tahan panas, dan sekaligus mudah dibersihkan. Secara estetis, granit alam mungkin pilihan yang terbaik. Tetapi granit alam mempunyai pori-pori yang cukup besar sehingga akan sangat mudah meresapkan berbagai bahan masakan yang tertumpah dan akan menimbulkan noda yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Begitu pula dinding dapur, sebaiknya juga menggunakan keramik, tahan gores, tahan panas dan mudah dibersihkan. Ketinggian dinding yang berkeramik minimal 80 cm dari meja dapur.

Ternyata sungguh seru dan banyak sekali aturan yang harus kita ikuti bila ingin menata dapur sesuai dengan ilmu fengshui dan ilmu arsitektur modern. Anda ingin mencobanya?. (11)

(Sumber materi dan gambar : warnaimpian.com; pabrikkitchenset.wordpress.com;  minimalisdesign.com; sliding-closetdoors.net. sekedar-tahu.blogspot. com)

Septana Bagus Pribadi, ST, MT
Staff Pengajar Jurusan Arsitektur
Fakultas Teknik Undip

Suara Merdeka, 20121209
Tulisan terkait : Tips mengatur ruang dapur Bagian I

Posting Komentar

0 Komentar